Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Jalan Ibu Verawaty Fadjrin

Keluarga besar Raket.id dan ayobadminton.com menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam atas berpulangnya salah satu legenda bulutangkis Indonesia, Verawaty Fadjrin. Juara Kejuaraan Dunia tahun 1980 ini menghembuskan nafas terkahir dengan tenang di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta, hari Minggu, 21 November 2021, pukul 06.58 WIB.

"Keluarga Besar Raket.id dan ayobadminton.com menyampaikan ucapan turut berdukacita yang mendalam atas meninggalnya salah satu legenda bulutangkis Indonesia, Ibu Verawaty Fadjrin. Almarhumah adalah pebulutangkis yang memiliki catatan prestasi besar di pentas bulutangkis dunia," tutur Shirly Arayana Megatama mewakili Keluarga Besar Raket.id dan ayobadminton.com.

Verawaty Fadjrin meninggal dunia dalam usianya yang ke 64 tahun. Sebelumnya almarhumah sempat menjalani perawatan akibat sakit kanker paru-paru yang dideritanya. Sampai dengan akhir hayatnya, Vera meninggalkan suami, Fadjriansyah Bidoein,  seorang anak bernama Fidyandini dan dua cucu.

Sebagai pebulutangkis, Verawaty Fadjrin memiliki segudang prestasi yang mengagumkan. Pada sektor tunggal putri, mantan atlet yang lahir di Jakarta pada 1 Oktober 1957 ini sukses menyabet gelar Kejuaraan Dunia tahun 1980 di Jakarta. Ia berhak menyandang titel kampiun, menyusul kemenangan yang dipetiknya di babak final atas rekan senegaranya, Ivana Lie, straight set 11-1, 11-3. 

Setahun sebelum itu, berpasangan dengan Imelda Wigoena, Verawaty berhasil merengkuh gelar juara All England 1979 usai mengandaskan perlawanan duet Negeri Matahari Terbit, Atsuko Tokuda/Mikiko Takada.

Masih bersama Imelda, Verawaty juga sukses mempersembahkan medali emas di ajang Asian Games VIII tahun 1978 yang digelar di Bangkok, Thailand. Pada 1989, bertandem dengan Eddy Hartono, ia menjadi pahlawan kemenangan skuad Merah Putih ketika merebut Piala Sudirman di Jakarta dengan menundukkan Korea Selatan 3-2.

Menurut rencana, jenasah Verawaty akan dikebumikan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan, Minggu siang, diberangkatkan dari rumah duka, Kavling DKI Cipayung, Jl. Durian Blok T 1 No 23 RT 01 / 08, Cipayung, Jakarta Timur. 

"Selamat jalan Ibu Verawaty Fadjrin."

Selamat jalan Ibu Verawaty Fadjrin