Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bilqis Prasista Kalahkan Pebulutangkis Peringkat 1 Dunia Akane Yamaguchi

ayobadminton.com, Bangkok  – Kejutan besar ditorehkan oleh pemain bulutangkis muda masa depan Indonesia! Bilqis Prasista secara cemerlang berhasil menundukkan pemain ranking satu dunia Akane Yamaguchi di pertandingan penyisihan Piala Uber 2022 yang mempertemukan Indonesia versus Jepang.

Pada laga yang dimainkan di Impact Arena, Bangkok, hari Rabu (11 Mei 2022) siang WIB, Bilqis yang saat ini bercokol di rangking 333 dunia, mempecundangi pebulutangkis kebanggaan Negeri Sajura itu straight game dengan kedudukan akhir 21-19, 21-19. 

Dengan kemenangan membanggakan tersebut, Bilqis pun berhasil membuat skuad Merah Putih sementara unggul 1-0 atas tim Jepang. 

Di awal pertandingan, Bilqis langsung memperlihatkan permainan yang sangat memukau dalam upaya meredam tekanan Yamaguchi Akane. Pemain muda Indonesia berusia 19 tahun itu mampu melakukan placing yang apik dan sempat berhasil unggul 4-0 dari Yamaguchi.

Akan tetapi setelah itu, Yamaguchi berhasil memperbaiki penampilannya dan menyamakan kedudukan menjadi berimbang 6-6. 

Keadaan sedikit berbalik dan Bilqis mulai tertekan, ia tertinggal 9-11 di interval game pertama. Setelah interval, Bilqis dan Yamaguchi menampilkan persaingan yang cukup sengit dan ketat, kedua pebulutangkis pun terlibat saling kejar mengejar angka. 

Yamaguchi membuat sejumlah kesalahan di angka-angka terakhir yang membuat Bilqis mampu memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik untuk sekaligus mengembok game pertama dengan skor 21-19. 

Pada game kedua, Bilqis harus tertinggal terlebih dahulu 6-11 dari Yamaguchi. Akan tetapi pebulutangkis jebolan PB Djarum Kudus itu tak menyerah begitu saja, ia terus berusaha mengejar ketertinggalannya selepas interval dan memaksa pebulutangkis Negeri Matahari Terbit itu cukup kesulitan. Bilqis pun berhasil berbalik unggul 14-13. 

Setelah itu, kepercayaan diri Bilqis terlihat meningkat, ia berhasil menunjukkan konsistensinya dan akhirnya berhasil menutup game kedua dengan angka 21-19 dan membuat tim Indonesia sementara unggul 1-0 atas pasukan Jepang.

Bilqis Prasista sejatinya adalah tunggal ketiga di skuad Uber Indonesia, namun saat menghadapi Jepang ia naik menjadi tunggal pertama karena tim Merah Putih telah dipastikan melangkah ke babak delapan besar. 

Pasukan Uber Indonesia tahun ini bermaterikan pebulutangkis-pebulutangkis muda dengan usia rata-rata 19 - 20 tahun dan semuanya tercatat masih minim pengalaman. Kendati demikian mereka sukses membuat kejutan demi kejutan dengan berhasil menekuk dua tim kuat Eropa, Perancis dan Jerman. Tak tanggung-tanggung kedua negara itu dilumat oleh Srikandi-Srikandi bulutangkis Indonesia dengan angka telak 5-0. Gadis-gadis muda Indonesia ini seakan tidak ada takut-takutnya menghadapi pemain-pemain kawakan yang jauh lebih senior.

Sebagai informasi tambahan, Bilqis Prasista adalah putri kembar dari salah satu legenda hidup bulutangkis Indonesia yang pernah menyandang gelar Juara dunia, Joko Suprianto dan mantan anggota tim Uber Indonesia Zelin Resiana. Kembarannya, Bilqis Pratista, beberapa waktu lalu sebenarnya juga pernah masuk Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) sebelum akhirnya memilih meneruskan belajar di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Sepertinya masa depan bulutangkis putri Indonesia akan cerah . Tidak sedikit pebulutangkis-pebulutangkis muda di sektor tunggal putri maupun ganda putri yang memiliki potensi bagus.

Bilqis Prasista