Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tekuk Jepang, Indonesia Melaju ke Final Piala Thomas

ayobadminton, Bangkok, Thailand  – Laga partai babak empat besar Piala Thomas 2022 yang mempertemukan antara pasukan Indonesia versus skuad Jepang akhirnya dimenangkan oleh tim bulutangkis Merah Putih dengan skor 3-2. Di pertandingan pamungkas Jonathan Christie dan kawan-kawan ditunggu India.

Partai penentuan mempertandingkan pemain tunggal putra Shesar Rhustavito kontra Naraoka Kodai dari Jepang. Gim pertama, Vito berhasil membekuk pebulutangkis Negeri Matahari Terbit itu dengan angka 21-17, kemudian di gim kedua  Vito menutupnya dengan  kemenangan 21-11.

Sebelum laga antara Shesar Rhustavito Vs Naraoka Kodai, pada partai keempat antara ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan duet Jepang Koga Akira/Watanabe Yuta berhasil dimenangkan oleh pasangan Negeri Sakura. Sehingga skor Indonesia Vs Jepang menjadi berimbang 2-2.

Di gim pembuka duet Merah Putih harus mengakui keunggulan Koga/Watanabe dengan skor 14-21.  Di gim kedua beruntung juara Swiss Open ini berhasil memenanginya dengan skor 21-13. 

Kedudukan berimbang memaksa dihelatnya gim penentu. Pertandingan berjalan sangat alot, kedua pasangan terlibat saling kejar mengejar poin disepanjang gim ketiga. Akan tetapi akhirnya Fajar/Rian takluk dengan skor ketat 18-21. 

Bertanding di partai ketiga, Jonathan Christie harus mengakui keunggulan wakil Jepang Nishimoto Kenta. Jojo, begitu Jonathan Christie lebih akrab disapa, tunduk pada Nishimoto Kenta dengan skor 20-22 dan 13-21. Hasil ini mengakibatkan keunggulan Indonesia atas Jepang jadi menipis 2-1.

Di pertandingan sebelumnya, ganda putra andalan Indonesia Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil mengikuti jejak Anthony Ginting menyumbang angka bagi skuad Thomas Cup Indonesia sehingga membuat tim Merah Putih sempat memimpin 2-0 atas Jepang.

Ahsan/Kevin bermain di partai kedua dan berhasil menghempaskan juara dunia 2021, Hoki Takuro/ Kobayashi Yugo dalam laga partai semifinal Piala Thomas 2022 yang dipertandingkan di Impact Arena, Bangkok, Thailand, hari Jumat (13 Mei 2022) malam WIB.

Laga antara Ahsan/Kevin vs Hoki/Yugo berlangsung sangat ketat hingga rubber game atau tiga gim dalam waktu 66 menit.

Ahsan/Kevin kemudian tampil sebagai pemenang dengan skor akhir 22-20, 8-21, dan 24-22

Pada partai pembuka, pebulutangkis tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Ginting berhasil menjegal tunggal utama Jepang Momota Kento.

Pada pertandingan yang juga digeber hari Jumat (13 Mei 2022) di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Anthony Ginting berhasil menundukkan Momota dalam duel straight game dengan skor akhir 21-13, 14-21, 21-12.

Kemenangan Ginting atas Momota tersebut mengantarkan pasukan Merah Putih untuk sementara memimpin 1-0 atas tim Jepang.

Piala Thomas 2022